Pemanfaatan komputer dalam berbagai bidang



Perkembangan teknologi telah merubah bagaimana cara kita hidup dan bekerja. Perkembangan teknologi informasi dunia yang begitu pesat sekarang ini telah merambah ke berbagai sektor. Seiring dengan perkembangan teknologi yang sangat pesat, kita juga dituntut untuk dapat memanfaatkan perkembangan teknologi tersebut. Salah satu cara memanfaatkan perkembangan teknologi informasi adalah penggunaan komputer di berbagai bidang kehidupan. Oleh karna itu sekarang saya akan membahas beberapa bidang yang sudah memanfaatkan teknologi komputer.
1.    Pemanfaatan dalam bidang kedokteran
Salah satu nya adalah pemanfaatan komputer yang digunakan untuk melihat dan menganalisa organ – organ tubuh bagian dalam manusia. Untuk dapat melihat organ tubuh bagian dalam manusia telah ditemukan begitu banyak alat canggih, namun hampir seluruh alat tersebut masih bergantung pada perangkat komputer sebagai sarana untuk penyaluran data ataupun gambarnya. Oleh karenanya, komputer memiliki peranan yang vital juga dalam melihat dan menganalisa organ – organ tubuh manusia tersebut.
Contoh penggunaan sistem komputer untuk menganalisa organ – organ tubuh :
o        System Computerized Axial Tomography (CAT)


 Computerized Axial Tomography atau computed tomography (CT) adalah metode penggambaran medis menggunakan tomografi yang dibuat dengan proses komputer. Proses geometri digital digunakan untuk menghasilkan gambar 3 dimensi dari bagian dalam sebuah objek dengan gambar 2 dimensi dalam jumlah besar dalam rotasi sebuah sumbu axial. CAT berguna untuk menggambar struktur otak dan mengambil gambar seluruh organ tubuh yang tidak bergerak dengan menggunakan sinar-X.
2.    Pemanfaatan dalam bidang pendidikan.


Salah satunya yang sangat populer saat ini adalah E-learning. E-Learning atau electronic learning kini semakin dikenal sebagai salah satu cara untuk mengatasi masalah pendidikan, baik di negara-negara maju maupun di negara yang sedang berkembang. Banyak orang menggunakan istilah yang berbeda-beda dengan e-learning, namun pada prinsipnya e-learning adalah pembelajaran yang menggunakan jasa elektronika sebagai alat bantunya.
Pada dasarnya cara penyampaian atau cara pemberian (delivery system) dari e-learning, dapat digolongkan menjadi dua, yaitu:
• One way communication (komunikasi satu arah);
• Two way communication (komunikasi dua arah).
Komunikasi atau interaksi antara guru dan murid memang sebaiknya melalui sistem dua arah. Dalam e-learning, sistem dua arah ini juga bisa diklasifikasikan menjadi dua, yaitu:
• Dilaksanakan melalui cara langsung (synchronous). Artinya pada saat instruktur memberikan pelajaran, murid dapat langsung mendengarkan; dan
• Dilaksanakan melalaui cara tidak langsung (a-synchronous). Misalnya pesan dari instruktur direkam dahulu sebelum digunakan.
 
3.    Pemanfaatan dalam bidang pertanian





Dalam bidang pertanian komputer juga memilki peranan yang juga penting. Salah satunya adalah aplikasi yang bisa kita sebut dengan SIG(Sistem Informasi Geografi). SIG adalah suatu sistem informasi yang dirancang untuk bekerja dengan data yang bereferensi spasial atau berkoordinat geografi atau dengan kata lain suatu SIG adalah suatu sistem basis data dengan kemampuan khusus untuk menangani data yang bereferensi keruangan (spasial) bersamaan dengan seperangkat operasi kerja.
       Walaupun saat ini penggunaan SIG dalam bidang pertanian belum umum dipakai, karena seringnya SIG diapakai untuk melihat kerusakan lahan akibat bencana alam, tapi bukanya tidak mungkin penerapan SIG dalam dunia pertanian akan makin sering dipakai. Sistem SIG ini bukan semata-mata software atau aplikasi komputer, namun merupakan keseluruhan dari pekerjaan managemen pengelolaan lahan pertanian, pemetaan lahan, pencatatan kegiatan harian di kebun menjadi database, perencanaan sistem dan lain-lain. Sehingga bisa dikatakan merupakan perencanaan ulang pengelolaan pertanian menjadi sistem yang terintegrasi.
4.    Pemanfaatan dalam bidang perbankan.



        Di bidang bisnis baik perdagangan barang maupun jasa komputer akan sangat penting. Salah satu penggunaan komputer dalam biang perbankan adalah ATM. Dalam bahasa Indonesia kata ATM berarti anjungan tunai mandiri. Sedangkan dalam bahasa Inggris berarti Automatic Teller Machine. ATM adalah alat elektronik yang memudahkan nasabah untuk mengambil uang dan mengecek rekening tabungan mereka tanpa perlu dilayani “teller” manusia. ATM merupakan sebuah terminal data yang mempunyai dua perangkat input dan empat perangkat output. Seperti hanya sebuah terminal data, ATM harus memiliki koneksi, terhubung, dan berkomunikasi melalui host processor (pusat proses). Pusat proses yang disertai oleh Internet service provider (ISP) yang berfungsi sebagai jalur gateway untuk menuju keberbagai macam jaringan ATM.  Pada umumnya, pusat proses yang mendukung dapat melalui leased-line atau jalur kontrak (sewa) maupu mesin dial-up (telepon). Mesin leased-line terhubung langsung pada pusat proses melalui empat kabel (four-wire), poit-to-point, dedicated telephone line (pilihan jalur telepon). Dial-up ATMs terhubung ke pusat proses melalui sambungan telepon normal menggunakan modem dan sambungan nomor bebas pulsa, atau melalui penyedia layanan internet yang menggunakan akses nomor lokal. 
5.      Pemanfaatan dalam bidang transportasi





Dalam bidang transportasi komputer juga memiliki peranan yang juga tidak kalah penting. Salah satunya dalam bidang penerbangan. Pilot otomatis atau biasa disebut Autopilot. Pilot otomatis adalah sebuah sistem mekanikal, elektrikal, atau hidraulik yang memandu sebuah kendaraan tanpa campur tangan manusia. Pilot otomatis menghubungkan indikator ketinggian menggunakan giroskop dan kompas magnetik ke rudder, elevator dan aileron. Sistem pilot otomatis tersebut dapat menerbangkan pesawat secara lurus dan rata menurut arah kompas tanpa campur tangan manusia/pilot, sehingga mencakup 80% dari keseluruhan beban kerja pilot dalam penerbangan secara umum. Sistem pilot otomatis lurus-dan-rata ini masih umum sekarang ini, lebih murah dan merupakan jenis pilot otomatis yang paling dipercaya. Sistem tersebut juga memiliki tingkat kesalahan terkecil karena kontrolnya yang tidak rumit. Sekarang ini autopilot meruakan sistem yang sangat mutakhir yang mampu melakukan tugas yang sama selayaknya seorang pilot yang sudah sangat terlatih. Pada kenyataannya untuk beberapa prosedur dan rutinitas penerbangan, autopilot bahkan lebih baik dari pada sepasang tangan manusia. Autopilot tidak hanya membuat penerbangan menjadi lebih lancar tetapi juga lebih aman dan lebih efisien.     

Itulah beberapa bidang yang sudah didukung kecanggihan komputer sekarang ini. Masih banyak lagi bidang yang sudah menggunakan kecanggihan komputer dilur sana. Dan bukan sebuah ketidakmungkinan jika kita nanti suatu saat menjadi pengembang komputer yang dapat jauh lebih bermanfaat bagi kehidupan kita sehari-hari.








0 komentar: